Senin, 05 Maret 2018

Permainan Tradisional Boi Boian

Asalamuallaikum wr.wb
Halo teman-teman disini kita akan membahas tentang permainan tradisonal di Indonesia yaitu boi boian.


Sejarah Permaian Tradisional Boi Boian

Permainan boi boian terkenal dipulau jawa. Pada zaman dahulu permainan ini dijadikan permainan tradisional dan menjadi hobi anak-anak untuk bermain. Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak laki-laki dan perumpuan. Pada umumnya permainan boi boian ini dilakukan pada sore hari akan menjelang ashar. 
 Orang zaman dahulu sering memainkan permainan boi-boian karena sangat menyenangkan dan melatih kekompakan sesama anggota. Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak ditingkat sekolah dasar dan dimainkan lebih dari 3 orang agar lebih seru.Permainan ini menggunakan bahan genteng yang pecah dan bola kasti atau  batu atau bisa juga memakai kertas yang diremukan lalu dililit oleh solasi untuk melemparkan agar terkena tumpukan genteng yang sudah disusun.

Alat yang diperlukan
1.Genteng pecah
2.Bola kasti

Cara permainan boi boian:
1.Kelompok bertujuan menyusun pecahan genteng hingga tak ada yang terpppsisa sambil menghindar dari tembakan bola yang dilemparkan oleh anggota kelompok yang berjaga

2.Kelompok yang satunya bertugas menembakkan bola ke anggota-anggota kelompok lawan yang berusaha menyusun pecahan genteng

3.Setiap anggota lawan yang terkena lemparan bola dianggap gugur dan tiadak boleh lagi meneruskan permainan

4.Permaianan dimulai dengan menggulirkan bola oleh kelompok penembak ke arah pecahan genteng yang tersusun seperti pirmida hingga berantakan (kira-kira seperti menggelindingkan boal bowling kesasarannya)

5.Sementara itu kelompok penjaga (penyusun pecahan genteng ) bersiap-siap menyusun lagi kepingan genteng yang berantakan sambil mewaspadai serangan lemparan bola

6.Permainan selesai apabila pecahan genteng selesai disusun atau anggota kelompok yang bertujuan menyusun pecahan genteng telah semuanya gugur kena tembakan bola dari kelompok lawan.

7.Setelah selesai, posisi kelompok ditukar yang tadinya kelompok penyusun pecah genteng menjadi kelompok pelempar bola (penembak), dan sebaliknya.


https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTDpGFN7sSjiO8K92NOKcALyK-prGcRDhBLQ_HNuMOJOHF2zcAI



https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQBg6oWCuEF2bI0nGmpiEzfq_PovnZZJSeq5nZtlI5be-NJuwRr1INnZ6gHVQ



https://estirinenggablog.files.wordpress.com/2016/12/permainan-tradisiona-boy-boyan.png 


Manfaat permainan boi boian
1.Melatih kecepatan fisik pada anak
2.mengajarkan anak tentang kerja sama sesama dengan anggota kelompoknya
3.Melatih kekompakan
4.Berkonsentrasi saat 

Sumber: http://danifarida77.blogspot.co.id/2016/07/sejarah-permaian-boiboian-permainanboi.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar